Gold and Silver in August’09





Satu minggu itu, (lupa tanggal berapa. hehe) saya ikut beberapa lomba. ada dua lomba yang diikuti. pertama lomba OPEN OSN di Fasilkom UI selama dua hari dan lomba Adzan + MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) dalam rangka memperingati Isra’Mi’raj di SMAN 1 Tangerang (sekolahku. HEHEHE)
sepulangnya dari OPEN OSN di UI, besoknya langsung ikut lomba Adzan dan MTQ… paginya baru di kasih tau sama temen kelas “Wahyu, Lo ikut lomba MTQ ya… yang adzan si Doli (temen sekelas) nanti jam 1 siang Pulang sekolah di mushola dateng aja.” sempet kaget juga, karena belum ada persiapan. hmmm.. tapi gg ada salahnya di jalanin dulu.
Ok, semua mata pelajaran selesai waktunya siap-siap buat lomba. saya langsung menuju mushola. eh disana di suruh ikut Lomba adzan (padahal saya sudah daftar MTQ) tapi dipaksa ya mau gg mau di coba dulu (maruk juga ni wahyu !! ehheh).
Di lomba adzan dapet urutan No 3. setelah itu langsung turun ke kelas 12 IPA 3 buat lomba MTQ. Lari lari tuuu.. hahah..
Nah semua loba udah selese… gg lama ada SMS pemberitahuan kalo saya masuk Final di kedua Lomba itu. (Alhmd… dalam hati hehe)
besoknya “FINAL LOMBA” : udah bolak balik ikut lomba adzan tapi baru kali ini lombanya di atas panggung. kalo MTQ sii wajar. setelah selesai Perform. waktunya pengumuman. DAG DIG DUG. dan akhirnya dapat Juara 1 Adzan dan Juara 2 MTQ. (Alhmdulillahh…. dapet semua..) langung aja Bu Suarni (GURU AGAMA) memeberi Medali EMAS dan PERAK kepada saya. haha.. senangnya.

.

Advertisements

Cinta ??





Kemarin aku berdiri di pintu kuil, menanyakan pada setiap orang yang lewat tentang misteri dan keagungan Cinta.

Di hadapanku lewat seorang kakek kurus dengan wajah sayu. Dia mendesah dan berkata : ” Cinta adalah kelemahan alam yang ditimpakan kepada kita oleh manusia pertama.”

Tetapi seorang pemuda berbadan kuat menyangah, dan ia berkata ” Cinta menyatukan masa kini kita dengan masa lalu dan masa depan.”

Kemudian seorang wanita dengan wajah penuh kesediahan, mengeluh dan berkata, ” Cinta adalah racun mematikan yang disemburkan oleh ular-ular hitam berbisa, yang merayap dari gua-gua gelap di neraka. Racun itu kelihatan segar seperti embun dan jiwa yang dehaga dengan penuh nafsu meminumnya. Tetapi setelah mabuk yang pertama, ia kemudian sakit dan mati perlahan-lahan.”

Kemudian seorang gadis cantik dengan pipi yang merona merah, tersenyum dan berkata, “Cinta adalah anggur yang disajikan oleh para pengantin Fajar, yang menguatkan jiwa-jiwa perkasa dan memungkinkan mereka untuk naik tinggi mencapai bintang-bintang.”

Setelah itu, seorang laki-laki berjubah hitam dan berjenggot, mengerutkan dahi dan berkata, “Cinta adalah kebodohan yang buta, yang dengan para pemuda bermula dan berakhir.”

Yang lain lagi tersenyum dan berkata,”Cinta adalah pengetahuan agung yang memungkinkan manusia untuk melihat sebanyak yang dilihat para dewa.”

Kemudian berkatalah seorang laki-laki buta yang meraba-raba jalan dengan tongkatnya,” Cinta adalah kebut yang membutakan mata, yang menghalangi jiwa untuk melihat rahasia keidupan, sehingga hati hanya melihat hantu-hantu hasrat yang bergetar di bukit-bukit, dan hanya mendengar gema jerit tangis dari lembah-lembah yang bisu.”

Dan seorang purba yang lemah, menarik kakinya seperti dua kain lusuh, berkata dengan suara gemetar, “Cinta adalah peristirahatan badan dalam makam yang sunyi, ketenangan jiwa di kedalaman Keabadian.”

Lalu seorang anak kecil berumur lima tahun, setelahnya berkata sambil tertawa, ” Cinta adalah ayah dan ibuku. Dan tak seorangpun yang mengetahui cinta selain ayah dan ibuku.”

Dan begitulah semua orang yang lewat berkata tentang cinta sebagai gambaran harapan-harapan dan kekecewaan mereka. Membiarkan cinta sebagai mister, sebagaimana sebelumnya.

Trying to use Google Adsense

GOOGLE ADSENSE

Google Adsense adalah salah satu program dari Google.inc dimana Google akan membayar kepada pemilik web/blog jika para pemilik web bersedia mengklik iklan dari google dan mengunjungi website penyedia iklan tersebut. Besarnya bayaran yang akan di peroleh perkliknya berkisar antara $0,1 – $0,5 dollar tergantung dari iklan yang terpasang di web/blog kita. Dan Google akan mengirimkan bayarannya kepada kita setelah mencapai $100 ke alamat rumah kita melalui cek.

untuk mengikuti program ini, ada syarat-syarat tertentu. yang paling utama kita harus memiliki web/blog. akan ada verifikasi dari Google saat kita mendaftar apakah web/blog yang didaftarkan layak atau tidak untuk di pasangi iklan Google. jika ternyata web/blgo kita di setujui oleh pihak Google, kita bisa mengambil kode iklan dari Google kemudian di pasang di blog anda. namun ada kemungkinan web/nlog kita tidak di setujui oelh pihak Google.
Berikut ini adalah kemungkinan alasan mengapa web/blog kita tidak di setujui / di Approve oleh Google :
  1. Web/Blog kita tidak menggunakan Bahasa Inggris.
  2. Isi Web/Blog kita tidak teratur
  3. Penggunaan bahasa yang semau kita.
  4. Topik web/Blog kita tidak jelas.
saya ingin mencoba menggunakan Google Adsense ini, tetapi artikelnya harus menggunakan Bahasa Inggris. tidak ada salahnya mencoba (iseng – iseng). jika anda tertarik mulailah dari sekarang untuk membuat blog/web dan isi artikel artikel menarik di situs anda tersebut. Mungkin bukan hal yang mudah jika blog/web kita sampai di Approve, maka dari itu dari sekarang kita belajar 🙂
SELAMAT MENCOBA ! ! !

10 Tips Belajar Pemrograman

1. Modal awal untuk belajar pemrograman adalah motivasi. Kalau motivasi Anda untuk belajar motivasi besar, Selamat… Anda adalah calon seorang programmer handal. Fokus selanjutnya adalah mengasah skill Anda untuk belajar pemrograman. Terus pertahankan motivasi yang telah Anda miliki. Jangan sampai motivasi ini pupus ketika menemui kegagalan.

2. Jangan mudah menyerah. Memang… belajar pemrograman adalah tidak mudah. Butuh perjuangan, kerja keras, serta pengalaman (jam terbang). Jangan mudah menyerah ketika banyak error yang muncul ketika membuat program.

3. Jangan sekali-kali menganggap pemrograman itu adalah sepenuhnya pelajaran ‘Menghapal’. Memang betul, menghapal juga diperlukan yaitu ketika menghapalkan sintaks dan aturan penulisan dalam program. Tapi secara prinsip, pemrograman adalah pelajaran cara berpikir dan logika bagaimana menyelesaikan masalah.

4. Jangan hanya menjadi tukang ketik. Ketika dosen Anda memberikan contoh program di kelas atau ketika praktikum, jangan hanya memandang setiap barisan kode program tersebut sebagai angin lalu dan hanya Anda pindahkan ke kertas atau komputer. Kalau hanya demikian, sama halnya Anda belajar menjadi tukang ketik. Coba pahami setiap baris kode dan alur program yang dituliskan guru atau dosen Anda. Kalau sudah paham, coba tulis program menurut versi Anda sendiri ke buku atau komputer Anda. Apabila hal ini Anda lakukan, maka secara tidak sadar Anda telah melatih logika berpikir Anda dan belajar menuangkan logika berpikir ke dalam bentuk program.

5. Untuk mendukung belajar Anda, coba cari orang yang mau mengajari Anda ketika menemui masalah dalam belajar pemrograman. Bisa teman dekat, teman di internet atau bahkan guru dan dosen yang dekat dengan Anda.

6. Jangan mengandalkan tatap muka di kelas. Materi pemrograman sangatlah luas. Apa yang diberikan dosen ketika kuliah itu sangatlah kecil cakupannya dibandingkan keseluruhan ilmu pemrograman. Cobalah eksplorasi sendiri segala hal tentang pemrograman. Ada banyak referensi di internet yang membahas tentang tips dan trik serta teknik dalam pemrograman.

7. Carilah komunitas yang fokus dengan pemrograman. Di internet ada banyak forum diskusi via web atau mailing list yang membahas tentang pemrograman. Ingat… bahwa orang yang sering bergaul dengan penjual minyak wangi maka dia akan ikut menjadi wangi… So… kita adopsi hal ini. Banyak-banyaklah bergaul dengan orang dalam komunitas yang sama-sama interest dengan pemrograman.

8. Sangat disarankan Anda memiliki komputer sendiri di rumah atau di kost. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa untuk menguasai pemrograman butuh pengalaman dan jam terbang yang banyak dalam membuat progam. Kalau Anda tidak memiliki komputer sendiri, bagaimana bisa menambah jam terbangnya? Untuk belajar pemrograman tidaklah harus membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi. Cukup komputer Pentium III saja itu sudah bisa, kecuali Anda belajar program yang memang butuh spesifikasi besar misalnya programan berbasis visual. Oya… jangan sekali-kali mengandalkan jam praktikum di laboratorium karena waktu penggunaannya sangat-sangat terbatas. Anggap saja ketika Anda beli komputer adalah sebagai investasi jangka panjang. Yakinlah suatu saat modal Anda untuk membeli komputer itu akan balik kembali, atau malah akan memberikan return of investment yang jauh lebih besar.

9. Jangan hanya mengandalkan catatan atau modul yang diberikan oleh dosen. Isi modul yang ditulis oleh dosen itu rata-rata masih sedikit kontennya. Berusahalah mencari referensi sendiri terkait dengan pemrograman. Toh… saat ini sudah banyak buku-buku yang mengulas tentang pemrograman. Kalau Anda ingin yang gratis, coba cari referensi di internet karena tersedia banyak free ebook yang bisa didownload.

10. Jangan hanya asal copy paste. Rata-rata orang yang asal copy paste program itu tidak berusaha memahami program yang dia copy. Coba pahami dahulu program yang Anda peroleh terutama pada algoritmanya, kalau bisa tulis kembali program tersebut menurut versi Anda. Boleh sih copy paste.. asal Anda juga berusaha memahami makna program di dalamnya. Syukur-syukur kalau Anda memodifikasi kode programnya.

source : http://www.bimakab.go.id

apa itu Algoritma ?

di dunia pemrograman kita kenal yang namanya Algoritma. apa sih Algoritma itu ??
Sejarah Algoritma
gini loo… sejarahnya nama Algoritma itu dari nama seorang ahli matematika dari Uzbekistan, namanya Al Khaw?rizmi (hidup sekitar abad ke-9), di terjemahan karyanya yang pakai bahasa latin (saya juga gag ngerti itu apa. hehe) di abad ke-12 tercantum “Algorithmi de numero Indorum” (artinya apa sii ??). Awalnya sii kata algoritma itu sendiri adalah istilah yang merujuk kepada aturan-aturan aritmetis untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan bilangan numerik arab (sebenarnya sii dari India). Pada abad ke-18, istilah ini berkembang menjadi algoritma, yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. begitu kira kira sejarahnya…
Algoritma ??
kalau di matematika, algoritma itu kumpulan perintah yang dibuat secara sistematis dan yang pasti JELAS berdasarkan urutan yang logis untuk menyelesaikan suatu masalah. Jenis permasalahannya bisa berupa apa aja, tapi harus ada kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Pada Umumnya Algoritma itu kira kira bisa disamakan dengan suatu prosedur yang dilakukan setiap hari, contohnya yaa… prosedure bikin kue, prosedure menggunakan komputer, dll. lanjut ahh…..!! jadi Algoritma akan selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.
Kemarin “Mbah” Knuth (Si Bapak Computer Science), telpon saya dan dia bilang ke saya (HAHA… Just Intermezzo) katanya ada 5 komponen utama dalam Algoritma yaitu : finiteness, definiteness, Input, output, sama Effectiveness. Makanya… untuk buat suatu Algoritma itu ada 3 komponen yang harus ada :

  • Input : biasanya teridiri dari pemilihan variable, jenis variable, tipe variable, parameter, constanta ( dalam fungsi)
  • Processing : ini dia komponen terpenting dalam merancang sebuah algoritma. di bagian ini terdapat Logika masalah, rumusan, metode ( pengurangan, perkalian, penggabungan, rekursi dll). makanya harus paling bener ni di bagian sini. 🙂 (bukan berarti bagian yang lain boleh salah!)
  • Output : ini tujuannya di buat algoritma dan program. permasalahan yang diselesaikan harus ditampilkan dalam komponen output

Oiiyaa,,, ukuran seberapa banyak komputasi yang dibutuhkan algoritma tersebut untuk menyelesaikan masalah itu disebut Kompleksitas. Gini cara liatnya… kalo kompleksitasnya rendah berarti algoritma tersebut bisa menyelesaikan suatu masalah dengan waktu yang singkat, tapi sebaliknya. kalo kompleksitasnya tinggi, berarti algoritma tersebut pada saat menyelesaikan suatu problem memerlukan waktu yang lama. notasinya biasanya si O(…) [big O notation].misalnya O(n log n), O(log n), O(n^2) [n kuadrat] dll.
demikian sedikit tentang Algoritma. kalo ada yang salah dengan kalimat atau kata yang di saya post, Komen aja ya… maklum masi belajar. hehe… Thnx