Keberhasilan yang Mudah?

Screenshot at May 13 09-11-21

makin tua, makin dituntut lebih dewasa, makin concern dengan yang namanya proses.

benar apa kata orang-orang keren di luar sana yang bilang bahwa “ga ada keberhasilan yg instan”.

sampai saat ini saya masih terus mencoba memaknai dengan khidmat kalimat mainstream tersebut.

kalau saat ini saya ngerasain “keberhasilan” tanpa ada kesulitan dan challenge yang berarti, mungkin itu hanya keberhasilan di lokal optimum (?), atau saya tidak sedang benar-benar berhasil.

entah kenapa, pengalaman dan waktu, berhasil membentuk saya untuk jadi pribadi yang lebih skeptis dengan keberhasilan yang mudah.

saya meyakini, sampai kapan pun seiring naik kelasnya kapasitas seorang manusia (atau organisasi), selalu diiringi challenge yg cukup, kesedihan yang cukup, ketakutan yang cukup, kegagalan yang cukup, kebahagiaan yang cukup.

untuk cukup butuh waktu. untuk cukup butuh bersabar. begitu kira-kira pemaknaan saya tentang sebuah proses.

Screenshot at May 13 09-11-36

di titik ini, saya tidak pernah khawatir tentang pertanyaan “apakah saya sudah mencapai keberhasilan?”, karena ukurannya sangat beragam. saya hanya ingin tetap bergerak ke depan, dan tumbuh.

dan yang penting untuk saya adalah selalu mempertanyakan “mengapa saya melalui proses ini?”, mempertanyakan “apa dan siapa yang menjadi sumber semangat saya?” dan memastikan diri saya untuk berada pada kondisi prima di setiap kesempatan.

sampai akhirnya saya berpikir….

keberhasilan bukanlah tujuan, yang membuat kita berhenti ketika mencapainya, yang membuat kita sering frustasi kapan sampainya.

keberhasilan adalah tentang menikmati proses, dan menghargai setiap jengkal perbaikan diri.

 

Depok, Maret 2020, di tengah isu virus covid-19 yang sedang hits.

One thought on “Keberhasilan yang Mudah?

  1. Keberhasilan memiliki arti yang berbeda setiap orang. Keberhasilan tergantung terhadap setiap individu mengartikan “Nilai” kehidupannya. Sayangnya, banyak “keberhasilan” yang diukur dengan materi. Sehingga kitapun ikut terbawa terhadap makna “keberhasilan” mayoritas banyak orang….

    Makna “keberhasilan” berbeda selayaknya ukuran “keberhasilan” yang beragam. Apapun itu, semoga kamu mendapatkan “keberhasilan” yang kamu harapkan 🙂

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.